Cerita Pesona Jelajah Australia bersama Cheria Holiday



Orang Jawa bertubuh gagah
Bersanding dengan orang asrama
Kalau ide baru sebatas sumpah
Mari kita eksekusi bersama

Dear diary, ajakan itu membuatku tersadar bahwa manusia harus selalu berusaha. Entah itu berusaha dalam hal yang kita suka ataupun tidak karena sejatinya manusia hanya mampu berusaha dan berdoa hanya Allah yang menentukan hasilnya. Terkadang kesukaan manusia akan sesuatu itu bukan yang terbaik menurut-Nya, begitu pula yang terburuk di mata manusia bukan menjadi yang terburuk menurut-Nya. Hidup itu sederhana, tinggal bagaimana kita merasa bersyukur terhadap sesuatu yang kita punya. 

Berbicara tentang kesukaan pastinya setiap manusia memilikinya, begitu pula dengan kamu bukan? Bagaimana tidak beberapa hari yang lalu aku memimpikan berkunjung ke negara yang aku suka. Etsss …. Kamu mau tau? Ciri-cirinya negara ini dijuluki sebagai negara Kanguru. Kanguru atau Kangguru diambil dari bahasa suku asli di negara ini yakni Aborogin (Gangguru), hal itulah yang menjadikan kanguru hewan khas negara ini dengan jumlah dan jenis hewan kanguru terbanyak dibandingkan negara lain. Sudah tau, negara apa itu? 
Sumber : pixabay.com/photos

Kamu mikirnya kelamaan, aku kasih tau aja. Negara itu adalah negara Australia. Negara dengan mayoritas penduduk non – muslim sehingga menimbulkan segudang keraguan bagi wisatawan muslim. Karena hal itulah tak heran jika sejumlah negara menyiapkan destinasi wisata yang ramah muslim, termasuk negara Australia. Australia yang merupakan pulau terbesar sekaligus benua terkecil di dunia. Dengan kaki yang menelusuri setiap jengkal keindahan yang dimiliki oleh negara ini, maka akan aku suguhkan coretan indah tentang destinasi  wisata yang patut untuk dikunjungi bagi wisatawan muslim.  

1.  Berkunjung ke New South Wales 

Sydney
Sumber : pexels.com/photo

Mulailah perjalanan dengan berkeliling di kota Sydney, kota yang menjadi ibukota di New South Wates. Perpaduan kota yang modern dengan pemandangan alam yang indah akan menambah koleksi foto dengan latar belakang Opera House, Mrs Macquarie Chair dan The Roks.

Opera House, Sdyney.
Sumber : flickr.com/photos
Salah satu tempat yang sangat populer adalah Opera House, bangunan ikonik yang terinspirasi dari sebuah kapal layar ini tidak sepi akan wisatawan. Dengan atap-atap yang sangat mirip  layar pada kapal, dan setiap harinya Opera House akan mempertunjukan  berbagai petunjukan yang spektakuler.
Selain Opera House yang menjadi ikon, terdapat ikon lain dari kota ini yaitu Mrs Macquarie Chair. Ikon kota yang berbentuk batu yang dipotong sedemikian rupa agar berbentuk kursi panjang. Mrs Macquarie merupakan istri gubernur New South Wales pada tahun 1810-1821.
Di kota ini juga terdapat kawasan yang terkenal dengan The Roks. Bangunan kuno, berbanding terbalik dengan kondisi Kota Sdyney yang modern. Kawasan tertua di Sydney ini akan memberikan pengetahuan bagi wisatawan tentang sejarah dan pengalaman kelam  pada sisi kota Sydney dengan bukti peninggalan zaman colonial Australia di tahun 1800. Tak perlu risau perihal kuliner, di kota ini terdapat pilihan restoran halal.


2. Bermain di Queensland

Brisbane merupakan kota penuh warna untuk pengalaman gaya hidup yang menarik, mulai dari ragam budaya yang indah, gaya hidup urban yang menarik serta pengalaman kuline kelas dunia. Di kota ini, kamu akan dapat ilmu baru mengenai budaya dan sejarah Brisbane dengan cara mengunjungi Museum of Brisbane atau kamu mau melihat hamparan hijau yang indah? Kamu dapat bermain di kawasan South Bank Parklands yaitu sebuah taman hijau yang terletak di pusat kota, di kawasan ini pula kamu dapat menemukan Streets Beach atau pantai buatan di tengan kota. Atau hanya ingin menambah koleksi foto? Kamu bisa mengambil foto dengan latar tulisan Brisbane yang berada di samping Streets Beach.

Gold Coast
Sumber : pexels.com/photo

Satu jam berkendara dari Brisbane, kamu akan tiba di Gold Coast. Kota pantai yang cantik untuk membuat memori keseruan dengan WB Movie World, di mana anak-anak bisa menjelajah taman bermain disepanjang hari atau dengan mencoba DC Rivals Rollercoaster, rollercoaster tertinggi, terpanjang dan tercepat di wilayah bumi bagian selatan.
Selain Brisbane destinasi wisata yang berada di Queensland adalah Tangalooma. Kawasan yang menyimpan keelokan  luar biasa ini letaknya didekat pesisir pantai dan sangat cocok untuk pecinta outdoor aktivite. Maka aktivitas yang bisa dirasakan seperti memberi makan  lumba-lumba, bermain di atas pasir dengan ATV, menaiki helicopter hingga menyaksikan tingkah laku paus secara langsung.
 


3. Jelajah Victoria
Melbourne
Sumber : pexels.com/photo

Melbourne sebagai ibukota Victoria. Kota dengan arsitektur kolonial, seni kontemporer dan pengalaman berbelanja yang bersatu, akan dibalut dengan pemandangkan kota yang begitu indah. Pusat kota Melbourne dihiasi oleh gang-gang kecil dengan cobble stone, dan menjadi pusat coffee shop cafe serta butik-butik unik.
Melbourne juga menyimpan destinasi wisata yang sangat indah yaitu Plihip Island. Destinasi menyenangkan dengan suguhan jelajah ilusi optic, puzzles dan labirin di A Maze’N Things, belajar mengenai coklat di Phillip Island Chocolate Factory serta bermain secara virtual interaktif di Nobbies Centre. Lelah bermain, kamu dapat menimati matahari terbenam yang cantik dengan barisan penguin yang berjalan kembali ke pantai.
Kereta uap Puffing Billy
Sumber : pixabay.com/photos

Kamu juga dapat melihat sisi lain Melbourne dengan naik kereta uap Puffing Billy. Kereta
uap yang memiliki usia lebih dari satu abad ini akan berkeliling sejauh 25 kilometer, dengan melalui pemandangan pengunungan, hutan pakis hingga kembah yang sangat menakjubkan.

4. Berkunjung di Western Australia

Perth, Western Australia
Sumber : pixabay.com/photos

Keseruan di Australia Barat dimulai dari Perth yang menjadi ibu kota bagian wilayah ini. Di Perth,  kamu bisa berkunjung ke Elizabeth Quay yang merupakan pusat dari beragam aktivitas dan acara, sambil menikmati air mancur dan membunyikan bell di tower. Selain menambah koleksi foto, kamu juga bisa belajar mengenai suku Aborigin.
Fremantle adalah area penting lain di Perth, disini kamu dapat berbelanja di Pasar Fremantle, sebuah pasar yang berusia lebih dari 100 tahun yang menjual barang-barang vintage termasuk kerajinan asli suku Aborigin. Kamu juga dapat mengunjungi Penjara Fremantle yang menjadi pusat hukuman dan penyiksaan para kriminal abad ke-19. Perth memberikan pilihan restoran halal unutuk seluruh wisatawan. Dua restoran yang bisa jadi pilihan kamu adalah Chee Tayeb yang menyajikan masakan khas Lebanon dan Tamarind Cafe yang menyajikan masakan Indonesia-Jawa.

Dear diary, ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang maka dari itu sedikit cuplikan kata dariku untukmu. Perjalanan itu tak berhenti disitu ……..

Darrr… alunan syahdu mengagetkan telinganku yang mengakibatkan jatuhnya bolpoin.
“Loe lagi ngapain nulis makalah atau curhat? Panjang amat,” sahut Po sembari membawa selebaran kertas.
“Dasar, ngagetin aja loe.” Senyumku merekah sembari mengambil bolpoin yang terjatuh. “Lagi ngapain aja pokoknya manfaat,” lanjutku.
“Nih.. gue punya kabar baik buat loe.” Tangannya bergerak ke arahku dengan lembaran kertas yang ia sodorkan.

Sumber : galeri foto pribadi

“Waahh, beneran ada nih lombanya?”
“Coba cek aja di cheria-travel.com.” Po dengan tangan yang menyodorkan handphone untuk mencari informasi yang tertera di cerita komik tersebut.
“Nggak ketemu lombanya, tapi ketemu paket liburan yang ditawarkan oleh Cheria Holiday.” Tak lupa masih dengan tangan yang mencari informasi. “Gila Po, gue mau nih liburan Paket Tour Wisata Halal ke negara Australia. Sesuai banget sama cerita yang gue tulis,  Cheria Holiday juga punya aplikasi Halal Traveler yang pastinya berguna banget untuk mengingkatkan kewajiban sebagai muslim walau dalam perjalanan jauh dan aplikasi Cheria Express yang berguna untuk para agennya.” Sembari sesekali menengok Po yang berada di sampingku.
“Makanya itu tadi gue kepikiran sama loe.”
“Pakai ini,” aku menyodorkan handphone. “Ketik https://www.cheria-travel.com/2019/09/wisata-halal-australia.html biar kita bisa liburan bareng ke Australia. Tapi, kayaknya ada deh lombanya coba nanti gue cek lagi.”
“Iya, Aamiin.” 

Sinar mentari bersembunyi di balik indahnya langit. Setelah usai ketemu dengan Po di pagi itu, sore harinya ku lanjutkan untuk menulis cerita deskripsi tentang negara impianku yaitu Australia ditemani dengan lembaran komik yang didapat dari Po.
Srek… srek…
Dear diary, ada pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang maka dari itu sedikit cuplikan kata dariku untukmu. Perjalanan itu tak berhenti disitu, setalah mengenal lalu timbul sayang akhirnya membutuhkan penengah tentang  bagaimana tahapan untuk sampai ke destinasi wisata tersebut. 

1. Memperlukan Visa
Kamu memerlukan visa untuk masuk wilayah Australia. Ada dua cara mendapatkan visa Australia yaitu mengurus sendiri ke Pusat Aplikasi Visa Australia (Australian Visa Application Centre) atau menggunakan jasa agen wisata seperti Cheria Holiday yang menyuguhkan kemudahan dan kenyaman dalam perjalanan wisatanya.

2. Mematuhi Peraturan di Australia
Australia mempunyai peraturan ketat tentang apa saja yang tidak boleh dibawa masuk ke wilayah negaranya, seperti dilarang membawa telur, sayuran, buah, daging, tanaman, bibit, bulu, dan kulit binatang juga tidak diperbolehkan atau jika kamu mempunyai obat yang tidak lazim dikonsumsi, sebaiknya membawa surat keterangan dari dokter.

3. Waktu Terbaik ke Australia
         Terdapat sebuah pertanyaan kapan waktu terbaik ke Australia? Jawabannya adalah tergantung kota tujuanmu, solusinya dengan cara selalu mengecek setiap waktu tentang cuaca dan jadwal festival di kota tujuan. 
      4. Wajib Bawa Universal Adapter
      Steker dan soket tipe I yang umum dipakai di Australia, sedangkan di Indonesia umumnya menggunakan steker tipe C dan bertegangan 220-240 V. Supaya kamu tetap merasakan kenikmatan liburan, jangan lupa untuk membawa universal adapter. 

Kringg… Kringg… Kringg… Nada handphone membangunkanku dari khayalan bayangan.
“Loh? Kok belum selesai artikel yang ku buat?” tanyaku dengan diri sendiri. “Mana lembaran komiknya?” lanjutku sembari hanya memandang kertas kosong dengan ceroten empat baris di ujung kertas.

Duduk di rumah sambil jualan
Yang dijual motor antic berlabel Monday
Ingin segera ku ungkapkan
Jangan lupa liburan bersama Cheria Holiday

“Harus mulai dari awal biar bisa liburan ke Australia.” Senyumku mengembang sembari memperhatikan layar handphone yang  memberikan sebuah kebahagiaan akan informasi lomba yang di adakan Cheria Holiday berhadiah liburan ke Australia.


Referensi :
1. https://www.cheria-travel.com/2019/09/lomba-blog-cheria-holiday-9-2019.html
2. https://www.cheria-travel.com/2019/09/wisata-halal-australia.html 
3. https://travel.detik.com/travel-tips
4. https://id.wikipedia.org/wiki/Australia

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Wah..sangat menginspirasi ! Bisa dijadikan panduan kita juga. Siapa tau kedepannya Allah memberikan waktu luang dan kesempatan buat berkunjung ke negara penuh dg koala dan kangguru itu. Teruntuk author, tetap semangat dalam menuliskan sesuatu yg menginspirasi banyak orang !!! Keren !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bisa memberikan inspirasi ke orang lain, apalagi kalau kak Saskia mau ikut lombanya biar bisa jalan-jalan bareng

      Hapus
  3. Nice, lumayan utk referensi.. Dibawal baca masih agak loading seh , tapi lama kelamaan paham maksud nya ๐Ÿ˜… sankyuu atas rekomendasi nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata tulisanya butuh pendalaman untuk dimengerti nggeh, akan diperbaiki lagi biar mudah dimengerti. Terimakasih atas masukannya dan ayuk jalan bareng ke Australia

      Hapus
  4. Mice thanks, informasi rekomendasi siapa tau rejekinya ada bisa kesana ๐Ÿ˜… jdi gk bingung lgi disana itu ad apa aja heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, ikut lomba yang diadakan Cheria Holiday aja barang kali bisa jalan-jalan bareng

      Hapus
  5. Nice, awal baca masih loading tapi lama2 paham bisa dijadikan referensi kalau mau kesana. Buat author semangat terus buat karya2 yang lebih bermanfaat buat pembaca ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam literasi, semangat dan salam menginspirasi. Terimakasih atas masukkannya, semoga nanti kakak bisa jalan-jalan kesana juga. Aamiin

      Hapus
  6. banyak informasi yg diperoleh dari artikel ini, mulai dari ttg Australia sampai ttg usaha dan doa yg harus selalu beriringan dalam setiap keinginan. terimakasih author untuk informasinya. jangan berhenti berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena sejatinya usaha tanpa doa tak akan terealisasi begitu pula dengan sebaliknya,Aamiin

      Hapus
  7. Nice. Sangat menginspirasi sekali. Setelah membaca artikel ini jadi mempunyai keinginan untuk maen maen ke australia

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayuk ayukk jalan bareng sama kakak, semoga keinginannya bisa terwujud. Aamiin

      Hapus
  8. Nice author ๐Ÿ˜‰ ditunggu informasi informasi selanjutnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu juga inspirasi dan informasi dari kakak

      Hapus
  9. Very nice
    Semoga apa yang kamu inginkan tercapai
    Jangan lelah bermimpi, you musst to reach your dream
    Ssaran ya kalau bisa kuliner khas dari Australia juga di cantumkan dong say ๐Ÿ˜
    Ketika kita berkunjung ke negeri orang jangan lupa cobain kulinernya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ dan disitu lah kenangan mengenai negerinya tidak akan pernah kau lupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.... iya ya hampir lupa kalau jalan kemana pun jalan lupa sama kuliner dari wilayah tersebut karena bakal bisa buat kenangan cieee ciee

      Hapus
  10. Artikelnya menginspirasi sekali dan banyak informasi yang di dapatkan. Semoga mimpinya untuk pergi ke Australia akan segera Allah kabulkan. Tidak ada mimpi yang tidak bisa diraih, selama kita berusaha insya Allah akan ada jalan๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya rabbal alamin, selama kita usaha dan berdoa. Allah pasti kasih.

      Hapus
  11. Alhamdulillah. Artikelnya sangat menginspirasi sekali. Terus kembangkan karya karya mu kak ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam semangat, tularkan semangat menginspirasi melalui sebuah tulisan. Ayukk ikutan..

      Hapus
  12. True banget, ini adalah artikel yang paling recommended bngt bukan hanya nambah wawasan sama pengetahuan aja tapi kita bisa buat referensi kalo kita berkunjung kesana. Aamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga doa kakak dapat terwujud. Salam semangat.

      Hapus
  13. Sangat menginspirasi sekali, bisa di jadikan referensi awal untuk mencapai sebuah impian yang harus diwujudkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam semangat kakak, semoga impian kita semua dapat terwujud. Ayuk ikutan lombanya.

      Hapus
  14. Hembbb, jdi ikut terbuai dalam ceritanya,. Ehe. Jadi berkhayal juga liburan ke australia,. Next time semoga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang berkhayal terkadang bikin bahagia apalagi kalau sampai berubah jadi nyata. Dan berkhayal harus diimbangi dengan usaha dan doa, biar segera terwujud. Ayuk ikutan lombanya.

      Hapus
  15. Artikel yang sangat menginspirasi banget. Semoga dapat berlibur kesana. Semoga dapat membuat artikel yang lebih menginspirasi lagi... semangat pokoknya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah,semangat juga buat kakak

      Hapus
  16. Tulisan yg informatif dan memberi referensi khususnya bagi orang-orang yang bingung mau berlibur kemana, ditunggu tulisan selanjutnya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kakak, ditunggu masukan-masukannya juga kakak

      Hapus
  17. Pas baca artikel ini bawaannya pengen banget bisa liburan kesana๐Ÿคค syukron, artikelnya informatif dan inspiratif banget kak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah bisa kok, ayuk dengan cara ikut lombanya di cheriacheria holiday

      Hapus
  18. Wahhh mantap kakak artikel nyaa, sangat menginspirasi dan penuh dengan informasi yg mungkin akan berguna di masa mendatang(mungkin kalo bisa berkunjung kesana hehe) semoga tambah baik lagi kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, lanjutan untuk terus memberi masukan dengan solusinya

      Hapus
  19. Nambah wawasan wisata luar negeri.. Mantap Kaka',

    BalasHapus
  20. Mantab, nambah wawasan, lanjutkan La

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kakak, lanjutan menginspirasi dengan cara yang berbeda

      Hapus
  21. Nambah wawasan banget ini artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, semangat menginspirasi kakak

      Hapus
  22. Waah luar biasa, trimakasi mba laa buat ilmu dan informasinya sgt bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terimaksih kembali sudah mau berkunjung ke blogku dan ditunggu kunjungan lainnya

      Hapus
  23. Balasan
    1. Bener banget beda tempat beda cerita, yuk bikin cerita baru dengan mengikuti lomba ini yang diadakan oleh cheria holiday

      Hapus
  24. habis baca artikel ini rasanya jadi pengen ke australia deh hihi, nambah wawasan sekaligus kalo kita mau kesana

    BalasHapus
  25. Luar biasa inspiratif. Tiap tempat punya daya tariknya masing2. Makasih kak lala sudah mau berbagi wawasannya tentang Australia. Sukses kak ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  26. Luar biasa sangat menarik sekali kak. Menambahkan wawasan dan pengetahuan Sukses selalu kak

    BalasHapus
  27. Awesome kakak,mulai dari gaya penulisan juga bahasa yg di gunakan mudah di mengerti dan di fahami terlebih lagi, runtut ๐Ÿ˜…, jadi serasa kalo udah baca atasnya ingin lanjut๐Ÿ˜…๐Ÿ˜

    BalasHapus

Posting Komentar