Kediri Lagi Dukung Asian Games 2018

Kediri Lagi Dukung Asian Games 2018


Salam Semangat, Salam Juang dan Salam Asian Games 2018
Lima puluh enam tahun sudah berlalu, Indonesia membawa semangat baru menuju perhelatan Asian Games 2018 yang dinobatkan sebagai tuan rumah. Indonesia kembali dengan arwah semangat Bhinneka Tunggal Ika yang merasuki semua jiwa masyarakat Indonesia. Semangat tahun pertama Indonesia menjadi tuan rumah 1962, membangunkan burung garuda tuk berdiri kokoh dihadapan mata dunia di mana masa itu menjadi tahun kejayaan dengan rasa gotong royong persatuan dan kebersamaan benar-benar dirasakan oleh masyarakat Indonesia atas terselenggaranya Asian Games 1962 di Jakarta, Indonesia.
Asian Games 2018 memiliki makna yang mendalam untuk bangsa Indonesia, selain sebagai ajang perlombaan olahraga, Asian Games ikut mendorong pertumbuhan Indonesia melalui berbagai pihak dalam beberapa bidang. Budaya dan pariwisata yang beraneka ragam yang dimiliki Indonesia menjadi daya tarik tersendiri untuk pemandangan mata para turis waktu itu. Karakter yang khas bangsa Indonesia membuat Indonesia dikenang dengan keramah-tamahannya.
Asian Games merupakan ajang perhelatan terbesar kedua di Asian setelah olimpiade, ajang yang digelar empat tahun sekali ini akan diselenggarakan di Indonesia pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 yang mengusung tema Energy of Asia bertempat di dua kota sekaligus yaitu Jakarta dan Palembang.

 Pembukaan Asian Games 2018 akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Selain pembukaan sebagai simbol dimulainya Asia Games 2018 acara Kirab Obor  (Torch Relay) untuk penyambutan dekatnya Asian Games 2018  dimulai dengan pengambilan api abadi di India pada 15 Juli 2018. Api tersebut akan dipadukan dengan api abadi asal Merapen, Jawa Tengah, pada 18 Juli 2018 di Candi Prambanan. Api akan diarak dibeberapa kota dan kabupaten di Indonesia dengan mempersembahkan adat budaya bangsa Indonesia.
Penyambutan ini tak hanya dilakukan oleh beberapa daerah saja yang menjadi tuan rumah di Indonesia, melainkan daerah yang tak tidak menjadi tempat terselenggaranya Asian Games 2018 tetap memiliki semangat bersama atas berlangsungnya Asia Games 2018 di Indonesia. Tak hanya spanduk yang terpaku rapi di sudut-sudut daerah. Namun, dukungbersama.id diselanggarakan untuk menyukseskan ajang perhelatan Asian Games 2018.
Salah satunya Kabupaten Kediri, Simpang Lima Gumul  (SLG) yang memiliki bentuk menyerupai Arc de Triomphe ini menjadi ikon dari Kabupaten Kediri untuk ikut memberikan dukungbersama.id ajang perhelatan Asian Games 2018. Kabupatem Kediri yang terkenal dengan tempat wisata Gunung Keludnya ini, membuktikan bahwa tempat yang jauh memilik hak dan kewajiban yang sama untuk menyambut Asia Games 2018. Bertepatan dengan acara tahunan Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018 yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kediri, acara yang berlangsung pada 8 Juli smapai 14 Juli 2018 bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan serta pariwisata di Kabupaten Kediri dengan pengambilan tema “Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Kediri Misuwur.” Dimulai dari ruwatan panji, parade budaya dan pawai mobil hias, stand pameran desa wisata, kampung panji, UMKM serta SKPD, pergelaran kesenian, pentas kreatif, Kediri Street Food Festival, dan akan ditutup dengan pertunjukkan Tari Kolosal Kolaborasi Barong Sewu. 



Penutupan acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018 dimeriahkan oleh pertunjukkan Tari Kolosal Kolaborasi Barong Sewu. Sebelum acara dimulai, gladi bersih digelar untuk memaksimalkan kesuksesan acara. Tak hanya orang dewasa, anak kecil laki-laki maupun perempuan tumpah menjadi satu untuk memberikan apresiasi terhadaap acara Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri 2018. Tak terbayang sudah berapa banyak masyarakat yang memadati area acara, selain  untuk menyaksikan penutupan mereka juga dapat mengunjungi pameran stand yang dimaraikan oleh instansi-instansi pemerintah Kabupaten Kediri.
Dukungbersama.id ini muncul di tengah-tengah stand pameran Pekan Budaya dan Pariwisata Kabupaten Kediri, selain untuk meramaikan dan memberi hiburan atau berpartisipasi dalam acara tersebut stand ini dibuat oleh Imigrasi Kelas III Kediri, Jawa Timur untuk menyambut datangnya Asian Games 2018 serta langkah sosialisasi agar tercapainya kesuksesan Asian Games 2018 di tanah air. Juga dapat membeli pernak-pernik Asian Games, para pengunjung juga dapat berselfie untuk memberi dukungan atas terselanggaranya Asian Games 2018. Sekaligus yang lebih menarik lagi Imigrasi Kelas III Kediri membuka kuota antrian khusus untuk 10 pengunjung pertama yang mengunjungi stand kantor Imigrasi Kelas III Kediri di Simpang Lima Gumul (SLG).


Langkah yang paling tepat untuk daerah yang tidak termasuk dalam tempat penyelenggaraan Asian Games 2018 dengan cara mengenalkan atau mempromosikan Asian Games secara langsung kepada masyarakat . Tak hanya dipromosikan melalui media sosial yang hanya mampu dijangkau oleh masyarakat yang mengerti akan teknologi,  melainkan penempelan stiker di beberapa tempat serta spanduk, dan pembuatan stand ataupun disisipkan dibeberapa acara untuk ikut menyukseskan acara Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Hal itu berguna untuk orang awam yang tak mengerti tentang media sosial.
Selain dukung dengan usaha, doa juga disempatkan untuk meminta kepada Tuhan yang Maha Esa. Menpora yang hadir dalam acara peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad dan haul KH Abdul Madjid Ma’roef di Pondok Pesantren Kedunglo Kediri, selain untuk silaturahmi sekaligus berharap doa yang terbaik agar Asian Games 2018 berjalan dengan lancar yang akan menjadikan Indonesiabaik.id
Kabupaten dan Kota Kediri memperlihatkan persatuan yang nyata untuk dapat memberi dukungbersama.id dalam perhelatan Asian Games 2018. Selain dukung bersama tersebut, ciri khas dari masyarakat Kediri untuk meramaikan Asian Games 2018 dengan nonton bareng melalui media televesi yang terpajang di pos kamping maupun rumah-rumah masyarakat. Horee.. teriakan yang memberi isyarat bahwa Indonesia memenangkan kejuaran olahraga, dan sunyi yang akan terasa jika atlet Indonesia gagal dalam perlombaan. Semua masyarakat tau bagaimana kerja keras yang dilakukan para atlet untuk membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia menjadikan Indonesiabaik.id .
Indonesia negara yang beranekaragam disetiap sudutnya, mampu menjadi semangat untuk memajukan kemakmuran masyarakat dalam segala bidangnya. Apalagi tahun 2018 ini Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Bhinneka Tunggal Ika akan merasuki jiwa-jiwa masyarakat Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan akbar Asian Games 2018. Walau tanya diminta, dan walau tanpa ditanya masyarakat Indonesia akan mendukung bersama-sama demi kemakmuran rakyat Indonesia, menjadikan Indonesiabaik.id di dalam segala bidang kehidupan, walau dukungbersama.id setiap orang tak sama, tapi yakinlah masyarakat Indonesia mendukung Asian Games 2018 seperti halnya di daerah Kabupaten Kediri.                                                                Salam Semangat, Salam Juang dan Salam Asian Games 2018
Sumber : Kediri TV

Komentar

Posting Komentar