Yummy App: Satu Aplikasi Memasak dengan Sejuta Manfaat Fitur


“Ahh akhir bulan…” keluh Yuma, seorang mahasiswa semester tengah yang menempuh pendidikan jenjang Strata. Menjadi anak perantauan yang jauh dari rumah membuatnya harus mampu membagi dan menyisihkan uang bulanannya untuk bertahan hidup di kota orang lain.
 
Anak kos yang serba mencukupkan keuangannya, apalagi memasuki akhir bulan membuat Yuma harus memutar otak untuk menghasilkan sebuah tambahan jumlah keuangannya. 

Kruyuk kruyuk…
Terdengar indah walau menyakitkan, perutnya meronta-ronta akibat kelaparan yang melanda di tengah malam. Kakinya dibuat kokohan agar dapat menampung tubuh Yuma yang akan melangkah satu petak untuk mencari sesuap camilan. Namun, matanya hanya mampu menemukan segalon air putih dan sekotak kue biskuit yang bertengger di pojok kamar kosnya untuk segera disantap. 

Ck ck ck ck…
Nyanyian cicak menyudahi santapan sederhananya kala malam ini. Sebelum matanya terpenjam tangan mungilnya meraih kotak pipih untuk mencari informasi tentang makanan di hari minggu yang berbeda dari hari-hari sebelumnya untuk disantap kala Yuma tak pulang kampung. 

Clunting..clunting..
Pesan singkat dari media sosial WhatsApp Yuma mendarat sempurna setelah 3 menit berlalu tangannya membuat pesan indah di story WhatsApp.

Coba download aplikasi Yummy, biasanya ibuku pakai aplikasi itu untuk mencari resep masakan Yum.

“Yummy? Wih hampir mirip kayak namaku, barangkali jodoh. Coba deh aku download.” Yuma sembari berusaha mendownload aplikasi Yummy.

Tangan Yuma menjelajahi aplikasi Yummy App dengan lincah melalui perantara handphone berwarna kuning. Mata, tangan dan hatinya menemukan beberapa fitur yang menarik untuk dijelajahi lebih dalam lagi. Namun sebelum Yuma menjelajah lebih dalam Yuma harus membuat akun yang sangat sederhana dan gampang dimengerti oleh setiap orang, tinggal memasukan email, nomor handphone dan password dan Yuma sudah memiliki akun Yummy App.

Jelajah pertama dimulai dari fitur “Home”. Fitur ini menyajikan beragam menu yang dapat dinikmati oleh penginstal Yummy App mulai dari memberikan informasi terbaru hingga mencari informasi resep yang kalian butuhkan.

Di fitur Home pula kalian tidak perlu khawatir jika akan merasakan kebosanan karena dengan hadirnya menu event dan promo dari Yummy App akan melengkapi aktivitas jelajah kalian untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dari sekedar mendapatkan informasi resep masakan saja. Akan teteapi di event dan promo ini akan memberikan berbagai macam bentuk informasi terbaru mengenai event dan promo yang diadakan oleh Yummy App dan pastinya dengan hadiah yang menarik dan fantastik. Mulai dari poin Yummy, uang tunai, sampai kendaraan bermotor untuk dapat dijadikan teman waktu senggang kalian.



 

Jelajah kedua dilanjutkan pada fitur “Komunitas”. Pada fitur komunitas ini kalian bisa menemukan trending resep komunitas dan resep komunitas terbaru dengan aktifitas yang dapat kalian lakukan yaitu memberi komentar tentang resep, memberikan ranting untuk resep, dan membagikan resep kepada siapapun yang kalian inginkan.
Di fitur komunitas pula kalian dapat membuat resep kalian sendiri untuk bisa dinikmati oleh banyak orang yaitu dengan membagi atau menulis resep kalian sendiri pada menu “buat resep” yang terdapat di fitur komunitas ini.  Dan kalian tidak perlu merasakan kebingungan bagaimana tatacara menulis resepnya, dibuat resep telah tersajikan pula panduan menulis resep. Sehingga, memudahkan kalian untuk menulis resep sesuai panduan agar kalian memiliki kesempatan besar agar tulisan resep dapat dipublish oleh Yummy App. Jika kalian bisa berhasil mempublish resep kalian, maka kabar baik akan segera terdengar di telinga kalian yaitu penghasilan tambahan berbentuk poin Yummy yang dapat ditukar menjadi uang.

Yuma tak lelah untuk berjelajah disetiap fitur yang disajikan. 

Jelajah selanjutnya pada fitur “Masak”. Pada fitur ini menyajikan resep dengan berbagai macam bahan makanan dan minuman mulai dari bahan berinisial A hingga Z dapat ditemukan, mulai dari yang bahan yang familiar didengar hingga bahan dengan harga tertinggi. 

Atau kalian kebingungan mau memasak mulai dari mana? Coba buka kulkas atau lari ke dapur untuk melihat bahan masakan apa yang kalian punya, cukup dengan minimal 2 bahan untuk mendapatkan rekomendasi resep yang lebih bervariasi dari Yummy App. Setelah itu akan muncul berbagai macam resep sesuai dengan bahan masakan yang kalian tulis, tinggal pilih resep dan mulailah memasak.

Jelajah terakhir pada fitur “Akun” dan “Notifikasi”. Pada fitur notifikasi kalian akan mendapatkan pemberitahuan mengenai berbagai hal yang sesuai dengan akun kalian, mulai dari pemberitahuan rekomendasi resep yang cocok untuk kalian dari Yummy App hingga pemberitahuan tentang mencapaian-pencapaian yang kalian capai di Yummy App.

Sedangkan untuk fitur akun akan menyajikan informasi terkait akun kalian, mulai dari pencapaian seperti: resep apa yang yang telah dipublish hingga informasi poin Yummy yang kalian miliki dan resep-resep yang menjadi favorit kalian akan tersaji di fitur akun ini.

Selain fitur-fitur tersebut di Yummy App juga terdapat "Filter Resep" yang berguna untuk menyajikan informasi resep yang sesuai dengan budget yang kalian miliki, durasi waktu memasak yang kalian butuhkan dan porsi yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jadi, tidak akan membuat masakan terbuang sia-sia atau membeli bahan secara berlebihan.
 
Yuma mengangguk-anggukan kepalanya dengan mata yang melukiskan kebahagian akibat jemarinya terus bergerak untuk menjelajah disetiap sudut fitur Yummy App. Yummy App akan menjadi ladang penghasilan tambahan yang dapat dirasakan oleh Yuma kalau ia membuat resep yang dapat dipublish.

Clunting… clunting….
Handphonenya terus bernyanyi menggambarkan puluhan pemberitahuan masuk melalui WhatsApp. Yuma meninggalkan sejenak aplikasi Yummy App untuk mencari tahu apa yang membuat WhatsAppnya ramai dengan pemberitahuan.

Dek? Mbak bingung nih, setelah melahirkan mbak merasakan lemas terus. Kira-kira kamu punya saran nggak buat ningkatin energi mbak?

Yuma mencoba untuk mencari informasi dengan menjelajahi dunia internet, puluhan informasi tersaji dengan berbaris. Tangan mungilnya mengklik satu informasi yang terpanjang paling atas dengan informasi masakan yang tepat dan sehat. Mata Yuma mulai membaca dan mencerna, informasi yang didapat bahwa mengkonsumsi buah menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ibu setelah melahirkan.

Yuma memindahkan tangannya menuju Yummy App kembali untuk memadukan informasi dari internet tentang resep buah agar bervariasi cara memakannya. Setelah berhasil Yuma memberikan informasi yang ia dapat kepada kakaknya yang beberapa hari lalu melahirkan.

Clunting… clunting…
Makasih adekku sayang, nanti bakal mbak coba.

Sungguh indah berbagi walau hanya dengan cara paling sederhana. Yuma tetap berfikir untuk mendapatkan menu yang terbaik buat dijadikan masakan besok hari. Biskuit menjadi kata kunci utama untuk disajikan, namun biskuit oreo yang terdapat dihasil pencarian sedangkan biskuit yang bukan oreo belum ada.

Otak pintar Yuma terus berputar, memasak dan mendapatkan penghasilan tambahan dari resep masakan yang akan ditulisnya dengan bahan masakan biskuit bukan oreo. 

Memberikan manfaat di tengah keuangan Yuma yang sedang menipis diakhir bulan. Yummy App merupakan aplikasi kekinian yang cocok banget buat generasi milenial dan generasi Z yang sedang belajar memasak dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan menulis resep yang unik karena generasi milenial dan generasi Z yang penuh dengan keingintahuan yang tinggi. Yuma sudah, sekarang giliran kalian, ayo!

Komentar