Ingin Tahu Follow Up Pelanggan dengan Benar? Ambil Hasil dari Software Akuntansi Online
Foto oleh Anna Shvets dari Pexel |
Ada banyak bentuk promosi efektif yang bisa dilakukan dengan mudah di tengah perkembangan teknologi canggih untuk kemajuan bisnis. Akan tetapi, kerap kali pejuang cuan beranggapan bahwa produk atau layanan yang bagus menimbulkan loyalitas pelanggan secara alami.
Fakta di lapangan menyebutkan akan lebih menguntungkan jika pejuang cuan mempertahankan pelanggan dibanding berusaha mencari konsumen baru. Selain kualitas ataupun layanan yang bagus, juga harus didukung dari pembukuan yang mudah dimengerti dan efektif.
Karena dampak dari pembukuan tersebut cukuplah besar, mulai dari bahan pengambilan keputusan hingga pencarian modal untuk pengembangan usaha para pejuang cuan. Sehingga, sebelum pejuang cuan melakukan promosi yang gencar imbangi dengan penggunaan software akuntansi online yang mudah digunakan.
Semua itu akan berimbas pada pelanggan yang merasa puas karena usaha yang sedang pejuang cuan rintis dapat dipercaya oleh pelanggan. Maka dari itu, kini saatnya pejuang cuan menjaga pelanggan tersebut agar tetap menggunakan layanan atau produk dari usaha yang sedang pejuang cuan kembangan.
Baca juga : Belajar Internet Marketing untuk Para Pemilik Bisnis
Tips Cara Follow Up Pelanggan yang Benar
Menjaga pelanggan yang sudah ada bisa pejuang cuan lakukan dengan strategi follow up. Follow up sendiri merupakan kontak lanjut kepada semua orang yang pernah pejuang cuan kirimkan suatu penawaran atas produk atau layanan usaha.
Secara mudahnya, follow up harus berupa tindakan yang menanyakan kembali mengenai penawaran yang sudah pejuang lakukan pada calon pelanggan. Inilah beberapa strategi atau tips cara follow up pelanggan dengan benar .
Foto oleh damian escamilla dari Pexel |
1. Jangan Menipu Ketika Follow Up
Bukan rahasia lagi, jika penipuan selalu ingin dihindari oleh semua orang. Tidak terkecuali oleh konsumen. Maka dari itu, tidak dibenarkan jika pejuang cuan melakukan penipuan ketika follow up. Penipuan yang dimaksud disini yaitu dengan melebih – lebihkan segala hal dari produk yang sedang pejuang cuan rintis.
Jika pejuang cuan mempunyai pembukuan yang mudah dimengerti melalui software akuntansi online, bisa menjadi salah satu solusi. Solusi untuk diperlihatkan kepada para calon pelanggan yang sedang di follow up. Dengan bantuan adanya hasil dari software akuntansi online ini, maka pejuang cuan bisa memaparkan bahwa ada beberapa produk yang memang banyak diminati oleh pelanggan.
2. Jangan Memaksa Calon Pelanggan
Selain menipu tidak diperbolehkan, memaksa calon pelanggan pun juga tidak diperbolehkan. Karena pada dasarnya tidak ada satupun manusia yang suka di paksa. Oleh sebab itu, pejuang cuan jangan pernah memaksa calon pelanggan dalam keadaan apapun termasuk saat membeli produk atau menggunakan layanan yang sedang ditawarkan.
Sama halnya dengan sebelumnya, harus ada bukti yang nyata. Pejuang cuan dapat memberikan ringkasan hasil dari software akuntansi Kledo untuk membantu kepercayaan calon pelanggan. Kenapa software akuntansi dari Kledo? Karena Kledo tidak hanya menawarkan sekedar akuntansi laporan yang sudah jadi, akan tetapi juga ada berupa invoice yang bisa digunakan untuk mengingatkan calon pelanggan jika lupa belum melakukan pembayaran.
3. Menentukan Waktu Terbaik
Setelah semua larangan pejuang cuan ketahui, menentukan waktu yang tepat sebelum menghubungi para calon pelanggan ketika follow up harus diperhatikan juga. Terutama menghubungi calon pelanggan pada jam – jam sibuk.
Hal ini bertujuan untuk meningkatkan rasa nyaman calon pelanggan, sekaligus agar pelanggan tidak merasa terganggu. Bila memang calon pelanggan belum memberikan kepastian, beri waktu sehari atau jeda satu minggu untuk mengingatkan calon pelanggan.
Foto oleh Anna Shvets dari Pexel |
4. Menawarkan Konsultasi Gratis
Pejuang cuan tahu bukan jika calon pelanggan menyukai hal – hal yang berbau gratis? Betul! Salah satunya coba tawarkan konsultasi gratis kepada mereka. Prosesnya akan berjalan ketika pejuang cuan berhasil memulai pembicaraan dengan calon pelanggan, kemudian tawarkan konsultasi atau solusi secara gratis sebagai bentuk penanganan masalah yang sedang dihadapi oleh calon pelanggan.
Akan tetapi, perlu untuk diingat jangan menipu. Tawarkan solusi yang sekiranya tepat, sehingga dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi. Pejuang cuan juga bisa memberikan hasil olahan dari software akuntansi Kledo berupa inventori dengan pantauan realtime jumlah stok produk yang sedang ramai diminati pada usaha pejuang cuan.
5. Ucapkan Terima Kasih
Tips selanjutnya diperuntukan untuk pejuang cuan yang sudah berhasil memfollow up sampai tahap terjadinya transaksi. Pejuang cuan bisa mengawalinya dengan memberikan ucapan terima kasih setelah usai proses pembelian produk atau penggunaan layanan tersebut.
Hal ini akan membuka sebuah peluang untuk masuk pada tahap yang lebih intens yaitu meminta para pelanggan menyimpan informasi kontak bisnis tersebut. Dengan begitu, pelanggan tersebut akan memberikan penilaian yang lebih terhadap pelayanan yang pejuang cuan berikan.
6. Menjaga Komunikasi
Tidak hanya selesai sekedar mengucapkan terima kasih, jika transaksi sudah berhasil diproses. Ada baiknya pejuang cuan berusaha menjaga komunikasi agar tetap terhubung dengan pelanggan. Komunikasi bisa dimulai dari menanyakan ketersedian pelanggan untuk berlangganan, ataupun mendapatkan informasi terbaru terkait produk atau layanan yang diminati dan cocok bagi pelanggan.
Jadikan tips cara follow up pelanggan di atas referensi pilihan? Jika memang pejuang cuan mempunyai cara lain, silahkan gunakan dengan sebaik – baiknya. Karena setiap orang mempunyai cara sendiri – sendiri untuk mengembangkan usahanya, salah satunya seperti yang sudah dibahas bisa pakai software akuntansi Kledo yang aman, efektif, mudah dan terpercaya.
Komentar
Posting Komentar